Senin, 21 September 2015

Tentang Puasa Arafah dan Dilarang Memotong Kuku Rambut Bagi yang Ingin Berqurban ?


Assalamualaikum ada dua pertanyaan yg mau ana tanyakan 
1.Untuk puasa sunnah Arafah mulai tgl dan hari apa krn ada yg hari Rabu dan Kamis dalam mleaksanakan Sholat Idul Adha...
2.Apakah ada hadist dan ayat yg menjelaskan tentang perkara bahwasanya selama sebelum melaksanakan puasa sunnah Arafah tidak diperkenankan memotong kuku dan rambut apapun..mohon di jelaskan ustad Wasslamualaikum..Syukron

Jawab: 
Alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Ibu yang di rahmati Allah
Keutamaan puasa arofah
Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
Puasa arafah (9 dzul hijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. puasa asyuro (10 muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu (HR. Muslim no. 1162).


Imam Nawawi dalam Al Majmu (6:428) berkata, "Adapun hukum puasa arofah menurut imam Syafii dan ulama Syafi'iyah adalah sunnah dan ini disunnahkan puasa arafah bagi ang tidak berwukuf di arafah
Adapun orang yang berhaji tidak disunnahkan untuk melaksanakan puasa Arafah.
Mengenai pengampunan dosa dari puasa arafah, para ulama berselisih pendapat. 

1. ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud adalah dosa kecil. 
2.Imam Nawawi ra. mengatakan, "jika bukan dosa kecil yang diampuni, moga dosa besar yang diperingan. Jika tidak, moga ditnggkan derajat, "(Syarah shahih muslim, 8:51).
3. Sedangkan jika amelihat dari penjelasan ibnu taimiyah rahimahullah, bukan hanya dosa kecil yang diampuni, dosa besar bisa terampuni karena hadits diatas sifatnya mum. (lihat majmu, al fatwa 7:498-500).


Jika ada perbedaan tentang penentuan tanggalnya silahkan ikut yang diyakini, kami pribadi lebih memilih ikut keputusan pemerntah karena lebih dekat pada jumhur. 
Tentang larangan potong kuku, rambut bagi yang akan berqurban, itu berlaku bagi yang ingin berqurban, bagi yang tidak berqurban ya tidak perlu.
Wallahu A'lam Bisshowab

Tidak ada komentar:
Write komentar