Selasa, 13 Oktober 2015

Gebyar Muharram 1437 H

Klakah, 14 Oktober 2015 SDIT NUrul Islam Klakah mengadakan Gelaran Gebyar Muharram 1437 H dengan berbagai macam kompetisi, diantaranya MHQ (Musabaqah Hifdzil Quran), lomba baca puisi dan menggambar. Acara yang diikuti oleh seluruh siswa mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 berlangsung meriah dan antusias para peserta sangat tinggi.
Musabaqah Hifdzil Quran Kelas 1 dan 2
Musabaqah Hifdzil Quran kelas 3-6

SDIT NUrul Islam Klakah memang rutin mengadakan agenda peringatan tahun baru Hijriyah tersebut setiap tahunnya sebagai ajang menyebarkan syiar dan dakwah Islamiyah yang kini sudah mulai jarang ada bahkan sudah mulai terlupakan, sehingga tanggal 1 Muharram terasa seperti hari libur biasa-biasa saja.

Ada beberapa hal yang perlu semua orang ketahui tentang sejarah dari bulan Muharram. Banyak orang yang beranggapan bahwa bulan Muharram/Suro bulan yang sakral dengan adanya ritual Kejawen, ruwatan, kirim sesajen, dan sebagainnya. Sakral-nya memang betul karena bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan yang diberkahi Allah SWT. Bulan tersebut ialah Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharam (‘Asyura’) serta yang keempat sendiri yaitu bulan Rajab antara Jumada Tsaniyah dengan bulan Sya’ban.

Ya sudahlah, mungkin mereka memang belum faham mengenai arti dari bulan Muharram tahun baru bagi umat Islam. Ini menjadi tugas kita untuk mendakwahi mereka-mereka agar mengerti dan faham.

Sementera itu, mari kita korek lebih dalam tentang kebaikan dibulan Muharram, keistimewaan, kemiliaan, dan sejarahnya.

Sejarah Penentuan Bulan Hijriyah

Kalender Hijriyah telah dimulai sejak masa Umar bin Khatab, ketika beliau mengumpulkan para sahabatnya untuk bermusyawarah kapan dimulainya tahun baru Islam?

Ada yang berpendapat, “Dimulai dari lahirnya Rasulullah ”, sebagian lagi mengatakan, “Dimulai dari diutusnya beliau ”, yang lain mengatakan, “Dimulai dari hijrahnya Rasulullah ”, yang lain mengatakan, “Dimulai dari meninggalnya beliau ”. Namun kemudian Umar memilih untuk dimulai tahun baru Islam dari hijrahnya Rasulullah , karena memiliki beberapa pertimbangan :
1) Hijrah membedakan antara yang hak dan yang batil,
2) Hijrah merupakan awal membangun kekuatan umat Islam,
3) Hijrah merupakan awal pembentukan negri Islam dengan kekuasaan yang berdiri sendiri.

Singkat cerita Umar, Utsman dan Ali sepakat bulan Muharram adalah awal dari tahun baru Hijriyah, dimana Rasulullah membai’at orang-orang Anshar untuk hijrah dan bai’at ini merupakan muqodimah dari hijrahnya Rasulullah.

Marilah kita galakan syiar dakwah Islam melalui peringatan hari-hari besar Islam dalam mendidik anak kita guna menghadapi tantangan waktu yang kian hari kian terasa menakutkan, Semonga Allah membimbing kita

Nuris Perss

Foto-foto kegiatan Gebyar Muharram 1437 H

Auditorium Lomba Membaca Puisi

Lomba Mewarnai

Peserta Loba Baca Puisi B
Semarak Keceriaan Peserta

Juara Membaca Puisi A

Juara Membaca Puisi B

Juara MHQ B

Juara MHQ A

Juara Mewarnai

Juara Menggambar

1 komentar:
Write komentar