Rabu, 09 September 2020

KUATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SDIT KLAKAH ADAKAN BAKTI SOSIAL

 

Kegiatan baksos Oktober 2019 sebelum pandemi

Penyaluran air bersih Oktober 2019 oleh relawan siswa

 

Lumajang : Kekeringan sudah hampir menjadi rutinitas setiap musim kemarau tiba di kawasan Lumajang bagian utara yang mencakup 4 kecamatan (Ranuyoso, Klakah, Randuagung, Kedungjajang) bahkan yang terjadi di dusun Tanah Getel desa Jenggrong kecamatan Ranuyoso warga rela antri berjam-jam dan menempuh perjalanan berkilo meter hanya untuk memperoleh satu jurigen air bersih dari sumber air.

Melihat kondisi di atas, sejak tahun 2018 Guna mendukung penguatan pendidikan karakter siswa, SDIT Nurul Islam Klakah mengadopsi program bakti sosial berupa penyaluran air bersih yang dilakukan oleh guru dan siswa di lingkungan masyarakat yang terdampak kekeringan. Seperti diketahui bahw dalam Kompetensi Inti yang harus dicapai setiap peserta didik dalam belajar terdapat Kompetensi Sosial (KI-2), maka dari itu dengan kegiatan ini diharapkan siswa memiliki kepekaan sosial dan jiwa volunteer atau kerelawanan sehingga sangat tepat jika program bakti sosila ini menjadi wahana dalam menamkan dan menguatkan sikap sosial siswa.

Baksos masa pandemi foto kepala sekolah Ustadz Iqbal selaku relawan

Selama bulan Septermber 2020 direncankan setidaknya ada 5 titik penyaluran rutin air bersih di desa Sawaran, Jenggrong dan Penawungan serta beberapa lokasi lain sesuai permintaan. Sumber biaya operasional kegiatan bakti sosial ini berasal dari sumbangan swadaya siswa, orang tua, guru dan masyarakat umum. Selama masa pandemi covid-19 di tahun 2020 kegiatan baksos penyaluran air bersih ini tetap berjalan meskipun tidak melibatkan siswa dalam kegiatan di lapangan guna menjaga protap kesehatan terutama bagi anak usia SD. Maka dari itu karena masyarakat butuh dan selalu menuggu, kita tetap jalankan program ini tanpa melibatkan anak-anak, ujar Iqbal selaku kepala sekolah. Kedepannya kita ingin memiliki mobil tangki sendiri sehingga biaya operasinalnya bisa lebih ringan imbuhnya.

(nuris pers)

Tidak ada komentar:
Write komentar