Kamis, 04 Maret 2021

Dorong Pengembangan Pangan Lokal SDIT Nurul Islam Klakah Kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan untuk Edukasi Siswa

 Lumajang, SDIT Nurul Islam Klakah menjalin kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang untuk meningkatkan pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat dalam penganekaragaman kosumsi pangan berbasis sumber daya lokal di lingkungan satuan pendidikan melalui kegiatan sosialisasi Pangan Lokal di Sekolah (PALOS). Kerja sama dalam hal edukasi warga sekolah ini ditandai dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi kepada siswa di lingkungan sekolah, yang dilaksanakan di aula SDIT Nurul Islam klakah Kamis, (04/03/2021).


Kegiatan yang juga dihadiri utusan kecamatan dan pengurus yayasan ini adalah sebagai wujud komitmen bersama untuk meningkatkan ketahanan pangan melalui pengenalan aneka ragam makanan lokal di sekolah kepada siswa. Dalam sambutanya Dra. Hertutik, M.Si selaku kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang mengajak anak-anak untuk menghidari makanan yang berpengawet dan berwarna mencolok karena tidak baik untuk kesehatan selain itu beliau juga mengajak anak-anak untuk membuat sendiri olahan pangan lokal yang nilai gizi dan rasanya tidak kalah dari jenis makanan yang lain.

Senada dengan pernyataan tersebut Iqbal selaku kepala sekolah menyampaikan bahwa dalam hal pengenalan dan penyediaan aneka ragam makanan lokal di sekolah, warga sekolah khususnya siswa membutuhkan edukasi. “Kami bersyukur dinas ketahanan pangan Lumajang mengadakan kegiatan ini, kedepannya Kami brerkomitmen bisa memberdayakan pangan lokal bagi siswa yaitu dengan menyediakan olahan produk pangan lokal di kantin sekolah dan menu makan siang bagi siswa, tentunya dengan arahan dan bimbingan dari dinas ketahanan pangan,” ungkap Iqbal.

Edukasi yang dilakukan dalam kerangka kerja sama ini, antara lain, mengajarkan kepada siswa dalam hal memilih makanan yang sehat dan bergisi  termasuk cara pengolahannya serta pengenalan aneka ragam jenis makanan lokal yang bisa dikonsumsi siswa.

Tidak ada komentar:
Write komentar