Selasa, 24 Mei 2022

TOLERANSI KEBERAGAMAN
SDIT Nurul Islam Klakah dengan SD Kristen Pelangi Kasih Berkolaborasi

WONOREJO, Radar Semeru – Expo Pendidikan 2022 yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lumajang membuat semua lembaga pendidikan di Lumajang full senyum. Tidak hanya itu, ada banyak cerita menarik selama kegiatan yang berakhir kemarin sore. Salah satunya, kerukunan antarumat beragama yang terbangun kuat.

Hal itu terlihat dari stand pameran SDIT Nurul Islam (Nuris) Klakah dan SD Kristen Pelangi Kasih Pasirian yang banyak menarik perhatian pengunjung. Sekilas, tidak ada yang berbeda dengan stand lembaga pendidikan atau peserta lainnya. Sama-sama ingin menunjukkan prestasi lembaganya masing-masing. Namun, berbeda dengan kedua sekolah penggerak ini, keduanya tampak berkolaborasi.

Kepala SDIT Nuris Klakah Iqbal Abdur Rofiq mengatakan, dalam memajukan lembaga pendidikan tidak hanya bicara tentang kompetisi, tetapi juga kolaborasi. Salah satu bentuk kolaborasi itu adalah dengan menjadikan dua stand pameran yang terpisah menjadi satu stand yang saling menguatkan.

“Kami memang difasilitasi untuk menunjukkan prestasi dan inovasi yang dimiliki masing-masing sekolah. Tetapi untuk menunjukkan semua itu kami dengan SD Kristen Pelangi Kasih Pasirian tidak berkompetisi. Kami masih bisa menggunakan satu stand tanpa sekat untuk menampilkan prestasi kami,” katanya.

Mulanya, tidak ada rencana untuk menyatukan kedua stand itu. Tetapi, karena lokasinya berdekatan, kedua lembaga itu sepakat batas stand dihilangkan. “Ide ini muncul ketika setting tempat. Akhirnya tidak usah diberi sekat. Dari sini, kami ingin menunjukkan ke warga yang datang, inilah kerukunan antarumat beragama. Kami bisa berkolaborasi,” tambahnya.

Kepala SD Kristen Pelangi Kasih Pasirian Rurut Kristina mengatakan, meskipun tata cara dalam berdoa berbeda, kedua lembaga mampu bekerja sama dalam memajukan pendidikan. “Kedua stand pameran ini sudah nampak seolah menjadi Dwi Tunggal sejak awal pameran,” pungkasnya (son)



Tidak ada komentar:
Write komentar